Diharapkan, mempelajari materi Bilangan Pecahan ini, maka kalian akan menguasai:
1. mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dancampuran;
2. mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;
3. mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;
4. memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;
5. membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;
6. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan;
7. melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;
8. melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan;
9. melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan;
10. melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;
11. melakukan hitung campuran berbagai bentuk pecahan;
12. memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan;
13. mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;
14. memahami skala sebagai perbandingan;
15. melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala
Kamu tentu sudah tahu apa yang dimaksud dengan bilangan. Lalu apakah
bilangan pecahan itu? Bagaimana menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah? Mari kita pelajari uraian selanjutnya.1. mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dancampuran;
2. mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;
3. mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;
4. memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;
5. membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;
6. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan;
7. melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;
8. melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan;
9. melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan;
10. melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;
11. melakukan hitung campuran berbagai bentuk pecahan;
12. memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan;
13. mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;
14. memahami skala sebagai perbandingan;
15. melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala
Mengubah Pecahan ke Bentuk Persen serta Sebaliknya
Persen untuk menyatakan bagian dari kuantitas atau banyak benda
tertentu. Pada gambar dibawah, banyaknya gundu yang dibatasi kotak
adalah 25 buah, sedangkan seluruhnya adalah 100 buah. Pecahan untuk
gambar dibawah adalah 25/100 , dibaca dua puluh lima
perseratus.Perseratus disebut persen, lambangnya %. 25/100 = 1/4, maka
persen untuk 1/4 adalah 25 persen atau 25%.
Selain persen (%), ada lagi yang disebut permil (o/ oo). Permil artinya
perseribu. Lambang untuk permil adalah o/ oo. Misal 5 o/oo dibaca lima
permil, artinya 5/1000. Permil untuk menyatakan bagian dari kuantitas
atau banyak benda tertentu.
Mengubah Persen ke Bentuk Pecahan
Persen artinya perseratus, artinya setiap bilangan persen dapat dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut pecahan 100.
Menggunakan Persen dalam Perhitungan
Kita sudah tahu bahwa persen menyatakan bagian atau banyak benda tertentu.
Sebanyak 40% dari siswa SD Sukamaju adalah perempuan. Jika jumlah siswa
SD Sukamaju 245 orang, berapa orang jumlah siswa perempuan?
Jawab:Diketahui : Jumlah siswa = 245 orang.Siswa perempuan = 40%.
Ditanyakan : Banyaknya siswa perempuan.
Penyelesaian : Siswa perempuan 40% = 40/100=25
dari jumlah.= 25 x 245 = 98 orang
Menjumlahkan Berbagai Bentuk Pecahan
Ada berbagai bentuk pecahan. Untuk mengingat kembali bentuk bentuk pecahan itu, lihat penyelesian dibawah ini.
EmoticonEmoticon